Selasa, 18 Maret 2014

Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer

Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer

Anak-anakku sekalian, kali ini kita akan membahas mengenai kategori penyimpanan data pada komputer.Ada macam macam alat penyimpanan. Tentunya alat - alat penyimpanan semua ini berfungsi sebagai penyimpanan data yang bisa dibaca atau dibuka seperti laptop atau notebook.
Disini terdapat 2 kategori media penyimpanan dan beberapa macam alat penyimpanan komputer, diantaranya : 

A. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)  
Media penyimpanan magnetik bersifat non volatile artinya data akan tetap tersimpan dalam media penyimpanan meskipun sudah tidak ada daya listrik yang mengalir. Ada beberapa media penyimpanan Magnetik dianataranya :

1.   Hardisk

Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer (Hardisk)

     Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.
     Ada beberapa jenis hardisk yang dapat kita ketahui, diantaranya : hardisk ATA, SATA, dan SSD.
Contoh hardisk :
a.    ATA
Kebanyakan type drive yang digunakan oleh para pengguna 
komputer adalah tipe ATA (dikenal dengan IDE drive). Tipe ATA di buat berdasarkan standart tahun 1986 dengan menggunakan 16 bit paralel dan terus berkembang dengan penambahan kecepatan transfer dan ukuran sebuah disk. Standart terakhir adalah ATA-7 yang dikenalkan pertama kali pada tahun 2001 oleh komite T13(komite yang bertanggung jawab menentukan standart ATA). Tipe ATA-7 memiliki data transfer sebesar 133 MB/sec. kemudian selama tahun 2000 ditentukan standar untuk paralel ATA yang memiliki data rate sebesar 133 MB/sec, tapi paralel ATA terdapat banyak masalah hal singnal timin, EMI(electromognetic interference) dan intergitas data. Kemudian para industri berusaha menyelesaikan masalah yang di timbulkan oleh paralel ATA dan di buat standar baru yang di sebut Serial ATA (SATA). ATA (Advanced Technology Attachment) menggunakan 16 bit paralel digunakan untuk mengontrol peralatan komputer, dan telah di pakai selama 18 tahun lebih sebagai standar. Perbedaan SATA dan ATA yang paling mudah adalah kabel data dan power yang berbeda.
     Standar ATA, seperti 200GB Western Digital Model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data dan membutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection. Sedangkan SATA seperti 120 GB western Digital Model mempunyai lebar setengah inci, 7 connector data connection sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kebel datanya. Kabel data SATA mempunyai panjang maksimal 1 meter (39.37 inci) lebih panjang dari ATA yang hanya 18 inci.
b.    SATA
Jenis Hard Disk - SATA dengan 15 pin kabel power dengan 250 mV, tampaknya memerlukan daya lebih banyak di bandingkan dengan 4 pin ATA, tapi dalam kenyataanya sama saja. Dan kemampuan SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yang mungkin yaitu sebesar 150 MB/sec
. Keuntungan lainya dari SATA adalah SATA di buat dengan kemampuan hot-swap sehinga dapat mematikan dan menyalakan tanpa melakukan shut down pada sistem komputer. Sedangkan dalam harga, drive SATA lebih mahal sedikit di bandingkan drive ATA , kesimpulanya SATA lebih memiliki keuntungan dibandingkan ATA dalam connector, tenaga, dan yang paling penting performanya. Sekarang standar ATA telah mulai di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA.
c.    Harddisk SSD
Jenis Hard Disk - Seperti yang kita ketahui bahwa 
Harddisk yang selama ini kita gunakan sebagai media penyimpanan masih mempunyai bagian mekanik didalamnya, sedangkan media SSD (Solid State Disk) sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Bila Anda perhatikan bahwa media seperti USB Drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak.
Intel menggandeng pabrikan asal Taiwan yaitu Kingston untuk memasarkan SSD Intel sehingga kehadiran kedua nama tersebut menjadikan pasar SSD makin bertambah. Nama yang sudah tidak asing lagi di dunia SSD adalah Sandisk, Samsung, Imation, Toshiba dan bahkan Seagate pun akan merambah juga ke pasar SSD ini. Memang
  kedepannya media penyimpanan akan lebih mengarah ke SSD karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan media penyimpanan saat ini seperti Harddisk.
2. Flashdisk

Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer (Flashdisk)

Seperti yang kita tahu, flashdisk merupakan alat penyimpanan yang paling mudah dibawa kemana-kemana, karena ukurannya yang relatif kecil. Tidak hanya itu, meskipun ukurannya kecil flashdisk mempunyai memori atau tempat penyimpanan yang lumayan besar, ada yang 2GB, 4GB, bahkan sudah ada yang mencapai 1TB atau 1024 GB. Kalo ini pasti hampir pada taulah , komponen utamanya,seperti ini :
1.Sambungan USB
2.Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
3.Titik-titik percobaan
4.Chip flash memory
5.Oscillaator crystal
6.LED
7.Write-protect switch
8.Ruang kosong untuk chip flash memory kedua

Pengertiannya FlashDisk sendiri seperti ini
- USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulis. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte
.

- USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
Nama lain dari Flashdisk sendiri adalah USB Drive, Pen Drive, Microdisk, Pocket Drive.
SEJARAH FLASH CHIP
- Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi
- Type flash chip type NOR yang diperdagangkan dikenalkan oleh intel pada tahun 1988
- NOR flash adalah flash dasar yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghapus dan menulis, tetapi menyediakan alamat penuh dan jalur data, memberikan akses secara acak terhadap semua lokasi memori. Tetapi sangat bagus untuk menggantikan ROM model lama, dimana memungkinkan untuk mengupdate kode program yang tersimpan. Contoh adalah BIOS
- NAND flash di announced oleh Toshiba pada tahun 1989, dimana bisa melakukan proses penghapusan dan penulisan yang lebih cepat, membutuhkan tempat yang kecil untuk chip per selnya. Dengan bertambahnya kapasitas tetapi biaya bisa ditekan menyebabkan flash tipe ini cocok digunakan untuk secondary storage.

SEJARAH FLASH DISK
- Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000
- Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. Ukuran data yang dapat disimpan pada waktu itu adalah 8 MB, data terakhir November 2006 sudah mencapai 64 GB.
- Tidak hanya ukurannya saja yang berkembang, tetapi bentuk dan fungsinya juga mengalami perubahan. Ada flash drive yang memakai rotary design sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan penutupnya. Tersedia juga flash drive yang dilapisi karet supaya tahan air atau dilengkapi dengan clip carabineer sehingga mudah digantungkan. Bahkan telah dibuat flash drive berbentuk model kartu kredit. Namanya wallet-friendly USB. Ukurannya hanya 86 x 54 x 1,9 mm. Jadi, dapat disimpan dengan aman di dalam dompet. gambar dibawah ini:
- Untuk masalah kemanan yang dimiliki flash drive saat ini sebatas melindungi data yang ada supaya tidak terakses oleh orang yang bukan pemiliknya. Cara kerja yang dipakai saat ini antara lain menggunakan full disk encryption atau physical authentication tokens. Sistem terbaru yang diperkenalkan tengah tahun 2005 lalu adalah biometric fingerprinting. Akan tetapi, metode sekuritas ini sangat mahal karena menggunakan teknologi tinggi
- Pada kenyataannya pemanfaatan flash drive telah berkembang untuk berbagai hal. Contohnya di sebuah artikel diuraikan langkah-langkah men-setting flash drive untuk mem-boot Windows XP. Syarat utamanya memang motherboard dan BIOS dari komputer kita dapat mendukung manajemen booting dari flash drive. Beberapa aplikasi juga dapat dijalankan dari flash drive tanpa harus meng-install-nya terlebih dahulu ke komputer.

FLASH DISK UNIK :
Sering kehilangan flashdisk? sama. memang benda ini ukurannya kecil dan sangat mudah buat diilangin. Nah,, oleh karena sebab itu.. CHDT Corp. menciptakan flashdisk yang dilengkapi dengan PIN pad yang memungkinkan anda memberi password ke flash disk anda. Dengan demikian, sekalipun flashdisk anda hilang, orang yang nemuin gak bakalan bisa menggunakan flashdisk ini.
        
                                            



Pisau serbaguna biasanya terdiri dari seperangkat emergency kit seperti pisau kecil, gunting kecil,pemotong kuku dan lain sebagainya. yang seperti itu sudah biasa donk.
       Tapi untuk yang bentuknya kotak itu benar benar memahami kebutuhan, bahkan yang hampir tidak mungkin sekalipun. Gadget yang bernama Nexcopy ini mampu menampung sampai dengan 20 USB flahdisk sekaligus. Dengan terminal ini, anda juga bisa mengganti hardisk anda. Coba saja isi semua slot dengan flashdisk 2 gb. maka anda akan punya 40 gb.
       Masih ingat donk dengan kaset tape recorder? Sekarang agaknya cukup sulit menemui kaset ini. Selain sudah jarang dipakai lagi, kapasitas kaset ini juga bisa dibilang kecil. Hal ini membuat orang malas memakainya. Tapi jangan salah, kapasitasnya bias lebih besar dari kaset biasa, gmn ngga, kapasitasnya kan bisa nyimpen sampe 200 lagu tipe mp3 (namanya juga flashdisk)
       Jika suka berenang tapi kamu terlanjur deket dan sayang dengan flashdisk anda, sehingga tak ingin melepaskannya walau sesaat (lebay : on), ini ada solusinya, flashdisk ini anti air loh.
       Jadi sebenernya penemu flashdisk sendiri sampe sekarang belum jelas (masih sengketa hak cipta(kayak rebutan tanah aja)), tapi yang dah pasti untuk perintisnya Dr Fujio Masuoka tahun 1984 dia nemuin flash memory (rintisan dari flash disk).
3. Floppy Disk


Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer (Floppy Disk)
Floppy disk adalah alat penyimpanan yang berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk persegi panjang dengan daya penyimpanan pada umumnya sebesar 1,44 MB. Kalian sudah pernah mencoba disket.?, kalau saya sendiri dulu sering memakai, tapi sekarang sudah tidak lagi.

Compact Cassette, yang biasa disebut kaset, pita kaset, atau tape adalah media penyimpan data yang umumnya berupa lagu. Berasal dari bahasa Perancis, yakni cassette yang berarti “kotak kecil”. Kaset berupa pita magnetik yang mampu merekam data dengan format suara. Dari tahun 1970 sampai 1990-an, kaset merupakan salah satu format media yang paling umum digunakan dalam industri musik.
Kaset terdiri dari kumparan-kumparan kecil. Kumparan-kumparan dan bagian-bagian lainnya ini terbungkus dalam bungkus plastik berbentuk kotak kecil berbentuk persegi panjang. Di dalamnya terdapat sepasang roda putaran untuk pita magnet. Pita ini akan berputar dan menggulung ketika kaset dimainkan atau merekam. Ketika pita bergerak ke salah satu arah dan yang lainnya bergerak ke arah yang lain. Hal ini membuat kaset dapat dimainkan atau merekam di kedua sisinya. Contohnya, side A dan side B.


Kaset pertama kali diperkenalkan oleh Phillips pada tahun 1963 di Eropa dan tahun 1964 di Amerika Serikat, dengan nama Compact Cassette. Kemudian kaset semakin populer di industri musik selama tahun 1970-an dan perlahan-lahan menggeser piringan hitam. Produksi besar kaset diawali pada tahun 1964 di Hanover, Jerman. Pada awalnya, kualitas suara pada kaset ini tidak terlalu bagus untuk musik. Bahkan beberapa model awal tidak memiliki rancangan mesin yang baik. Pada tahun 1971, The Advant Corporation memperkenalkan model terbarunya, Model 201, yang menggabungkan Dolby tipe B pengurang gangguan (noise) dengan pita kromium dioksida. Oleh karena itulah kaset mulai dapat digunakan dalam industri musik secara serius, dan dimulailah era kaset berketepatan tinggi.
Selama tahun 1980-an, popularitas kaset tumbuh semakin pesat karena hadirnya rekorder poket portabel pemutarnya seperti Sony’s Walkman. Seperti radio yang menyediakan musik pada 1960-an, pemutar CD portable pada 1990-an, dan MP3 player pada 2000-an, kaset memegang peran besar dalam dunia musik pada 1980-an dan 1990-an, bahkan di era sekarang (setelah 2000-an), kaset masih menjadi salah satu alternatif media musik. Lepas dari segi tekniknya, keberadaan kaset juga berdampak pada perubahan sosial. Keawetan kaset serta kemudahannya untuk dikopi berperan di balik berkembangnya musik punk dan rock. Kaset seakan-akan menjadi pijakan bagi generasi muda di kebudayaan barat. Untuk alasan yang sama pula kaset berkembang pesat di negara-negara berkembang. Pada tahun 1970-an, kaset dianggap membawa pengaruh buruk sekularisme di kalangan masyarakat religius India. Teknologi kaset menciptakan pasar yang membludak bagi musik pop di India, menimbulkan kritik dari kaum konservatif dan di waktu yang sama menciptakan pasar besar yang melegitimasi perusahaan-perusahaan rekaman dan pembajakan kaset.

Perekaman magnetik lahir ke dunia perekaman pada tahun 1898, ketika rekaman telegraphone kawat-mesin diciptakan oleh penemu Denmark Valdemar Poulsen. Sayangnya, mesin ini adalah miskin dalam kualitas karena tidak mengandung penguat yang tepat dan kawat, magnet rekaman jadi tertunda selama beberapa dekade melibatkan Present-hari. rekaman menggunakan pita daripada kawat.Sebuah tape recorder terdiri dari beberapa motor yang mentransfer rekaman itu dari satu gulungan yang lain. Lain. Motor menyelenggarakan fungsi cepat-maju dan mundur, dan memberikan torsi untuk mengambil-up reel selama pemutaran mesin Kebanyakan memiliki tiga kepala, satu untuk pemutaran, satu untuk penghapusan, dan satu untuk merekam.
Rekaman itu sendiri biasanya terbuat dari bahan plastik - selulosa asetat atau poliester - dan umumnya 1 / 4 "lebar untuk digunakan di rumah. Hal ini dilapisi di satu sisi dengan begitu banyak partikel oksida besi yang satu inci dari tape berisi hampir satu triliun partikel berbeda! gulungan berukuran Beberapa tersedia, serta peluru dan kaset, yang memerlukan mesin-mesin khusus untuk mengoperasikannya.

Perekaman magnetik lebih unggul untuk merekam disk karena itu dengan mudah dapat diedit. Tape dapat dipotong dan disambung dengan mudah.. Selain itu, rekaman dapat digunakan kembali tanpa batas dengan menghapus dan kembali rekaman Sayangnya, rekaman tape tidak bisa diproduksi secara massal murah seperti catatan dapat Disc. mudah dapat ditekan dengan cara mekanis, tetapi banyak kaki rekaman yang terdiri dari sebuah kumparan harus dicatat secara manual.

Format

Pada saat ini kaset digandakan dibuat pada kedua mesin fotokopi kaset mono dan stereo. Ketika membeli mesin fotokopi baru, Fasilitas GRN harus mempertimbangkan apakah akan mendapatkan mesin fotokopi mono atau stereo. Faktor-faktor yang dipertimbangkan termasuk: perbedaan dalam biaya, format dari mesin pemutaran tersedia di pasar yang biasanya digunakan oleh target audiens, dan apa kebutuhan mungkin ada untuk mereproduksi program stereo. salinan Stereo dapat dimainkan pada mesin mono cukup memuaskan.

Konfigurasi

Konfigurasi paling dasar terdiri dari dua mekanisme kaset, sebuah "Master" dan satu "Budak", dan ada mesin semacam ini digunakan di GRN. Konfigurasi yang paling umum memiliki mekanisme kaset empat, sebuah "Master" dan tiga "Budak". Ini sering merupakan bagian dari sistem modular yang dapat diperluas dengan menghubungkan modul lain yang terdiri sepenuhnya dari Budak. The "Master" dek dilengkapi hanya sebagai mesin replay, dan "Budak" dilengkapi hanya untuk merekam. Duplicators biasanya beroperasi pada delapan kali nominal (8X), atau enam belas kali (16X) kecepatan. Pada 8X, rekaman itu berjalan pada 15 "/ detik dan sebuah kaset C60 membutuhkan waktu 3 menit 45 detik (3:45) untuk menyalin. Pada 16X, rekaman itu berjalan pada 30" / detik dan sebuah kaset C60 mengambil 1:52 untuk menyalin. Namun, mesin dapat dijalankan pada hanya 5 / 6 dari kecepatan nominalnya di beberapa negara.
[Catatan : Alasan mengapa beberapa duplicators berjalan pada 5 / 6 dari kecepatan dinilai adalah sebagai berikut - jika motor dirancang untuk frekuensi listrik 60 Hz (dibuat, katakanlah di AS) akan berjalan lambat oleh fraksi bahwa ketika menjalankan dari 50 Hz (katakanlah, di Australia). Hal ini tidak selalu masalah serius, sebagian besar masih memuaskan, dan dalam beberapa kasus alternatif 60 atau 50 Hz motor mungkin tidak tersedia, tetapi perlu diingat. Demikian pula, seorang duplikator dengan motor dirancang untuk digunakan dengan frekuensi 50 Hz induk, maka akan berjalan di 6 / 5 dari kecepatan diperingkat jika dioperasikan dari 60 induk Hz.]
Karena duplicators beroperasi pada kecepatan lebih tinggi dari perekam normal dan pemain, komponen mereka beroperasi pada batas-batas teknologi. Hal ini berlaku terhadap sifat magnet dari kepala, kinerja listrik elektronik, dan kinerja mekanis mekanisme. Semakin tinggi kecepatan (misalnya, "16X" versus "8X") sehingga lebih dekat ke batas di mana duplikator beroperasi, dan hal ini biasanya berarti ada trade-off antara kecepatan duplikasi dan kinerja.

 Prinsip Magnetic

Bahan yang paling terpengaruh oleh magnet adalah besi yang mengandung walaupun beberapa bahan lainnya juga menunjukkan sifat magnetik. Ketika suatu material magnetik terkena medan magnet menjadi "magnetised", yaitu, ia tetap medan magnet. Secara umum, semakin sulit untuk magnetise bahan magnetik, semakin baik mempertahankan daya tarik itu. Semakin mudah untuk material magnetik, semakin mudah untuk kemudian menghapus magnet. Medan magnet dapat dihapus atau dikurangi dengan beberapa cara termasuk pemanasan dan shock mekanik (memalu), tetapi untuk tujuan kita, mereka adalah "Dihapus" oleh aplikasi medan magnet yang kuat bolak-balik yang kemudian dikurangi menjadi nol. Lapangan ini siklus berganti-ganti gaya magnet dari bahan yang de-magnetised (dihapus) dari satu polaritas melalui nol dengan polaritas yang lain secara bertahap mengurangi jumlah sampai amplitudo dari medan magnet jatuh ke nol dan material yang tersisa dengan daya magnet nol.
Kepala yang digunakan dalam duplicators harus dibuat dari bahan yang mudah magnetised dalam rangka untuk menjalankan fungsi mereka, dan ini membuat mereka rentan untuk menjadi sengaja magnetised oleh medan "nyasar" magnet. Suatu bagian penting dari menggunakan Peniru adalah demagnetising teratur kepala dan komponen lainnya di jalur rekaman.
[Catatan : Bahkan meninggalkan duplikator dalam satu posisi untuk waktu yang lama akan menghasilkan medan magnet alami bumi yang melakukan hal ini sampai batas tertentu.]
Karena lapisan tercatat kaset adalah magnet, itu dipengaruhi oleh medan magnetik ini menemukan, bukan hanya medan magnet yang terjaga dengan baik duplicators memproduksi dan kepala menghapus rekaman. Seorang kepala budak akan gagal untuk benar merekam kaset jika itu telah menjadi magnetised. Seorang Master Copy dapat sebagian atau seluruhnya dihapus oleh medan magnet tersesat, dan ini bisa dihasilkan oleh seorang kepala yang rusak atau beberapa komponen rusak lainnya di duplikator, atau dengan sengaja menempatkan Master Salin ke dalam modul Slave. Kebanyakan kaset duplicators mengabaikan mencatat melindungi lubang di kaset, sehingga mereka akan menghapus Master Copy jika ditempatkan dalam modul yang salah. Copy Master atau kaset disalin dapat rusak oleh medan yang dihasilkan oleh bagian lain dari duplikator, seperti kerangka baja roller mencubit, jika bagian yang telah menjadi magnetised.
[Catatan : Perlu dicatat bahwa sebuah magnet yang kuat adalah bagian penting dari loudspeaker. Perawatan harus diambil untuk menjaga pengeras suara, atau peralatan apapun yang mengandung loudspeaker, jauh dari kaset dan dari duplicators tape.]
Kaset menggunakan "magnetic tape", yaitu, sebuah pita plastik yang dilapisi dengan partikel magnet halus, diselenggarakan di pengikat. Partikel, dan karenanya rekaman itu, bisa magnetised. Binder tidak sempurna, dan beberapa dari partikel-partikel magnetik menjadi hilang ke tape dan disimpan di atas kepala dan bagian lain dari duplikator. Sayangnya, partikel-partikel ini secara kimiawi sangat mirip dengan karat, dan perlu dihapus sebelum mereka menyebabkan karat atau bentuk-bentuk lain dari korosi. Mereka juga sedikit kasar, dan ini menyebabkan dipakai sebagai rekaman tersebut akan dipindahkan di atas kepala, pemandu tape, dll
Tape perekam dan pemutar kepala terdiri dari sebuah "cincin" dari bahan mudah magnetised dengan "celah" pada sudut kanan ke arah perjalanan tape, dan dengan sebuah kumparan kawat tembaga luka di cincin.
"Rekaman kepala" mengubah sinyal listrik menjadi medan magnet yang sesuai di jurang yang magnetises pita saat melintas. Hal ini meninggalkan berbagai pola magnetisme pada pita yang merupakan salinan dari sinyal listrik, yang pada gilirannya adalah salinan dari tekanan udara dari suara asli.
[Catatan : Untuk menjadi bertele-tele, itu adalah "analog" dari sinyal listrik, yang merupakan "analog" dari tekanan suara dari suara.]
Ketika direkam melewati celah dari "Replay Kepala" pola gaya magnet pada pita menghasilkan sinyal listrik yang sesuai dalam gulungan kepala. Pada akhirnya, ketika kaset dimainkan, kepala replay (sering disebut dengan "bermain head") dari pemain ternyata sinyal ini kembali menjadi suara.Hal ini mungkin untuk menggunakan kepala yang sama untuk kedua merekam dan memutar ulang, dan perekam kaset jenis pelanggan yang paling melakukan hal ini. Tapi untuk performa optimal, "Profesional" recorder biasanya memiliki catatan terpisah dan kepala bermain sehingga setiap kepala dapat dioptimalkan untuk peran khususnya. Duplicators beroperasi pada batas-batas teknologi karena kecepatan pita yang lebih tinggi digunakan, dan sehingga kepala permainan dek Guru dan merekam kepala Budak selalu berbeda. Banyak duplicators termasuk "menghapus" fasilitas di atas geladak budak, tetapi tidak semua melakukannya. Hapus kepala beroperasi dengan menggunakan amplitudo konstan, sinyal tingkat tinggi ke tape seperti lewat. Karena rekaman awalnya pengalaman sebagai sinyal yang sangat kuat, yang menurun karena setiap partikel magnet bergerak menjauh dari kepala, secara efektif menghapus rekaman.
[Catatan : Semua kaset yang akan digunakan untuk menyalin harus curah dihapus sebelum digunakan!]

Prinsip Listrik
Karena duplikator bergerak pita pada beberapa kali kecepatan normal, hal ini menimbulkan rentang frekuensi perekaman dengan faktor yang sama. Sebagai contoh, perhatikan Master Copy yang direkam dengan suara memiliki kisaran 40 Hz sampai 10 kHz. Dalam sebuah operasi duplikator pada kecepatan 8X, sirkuit sinyal harus menangani berbagai 320 Hz sampai 80 kHz. Dalam kasus yang beroperasi duplikator di 16X, rentang frekuensi 640 Hz sampai 160 kHz! kepala Merancang dan sirkuit untuk rentang frekuensi bisa menjadi tantangan serius!
Sebuah komponen frekuensi tinggi yang disebut "bias" ditambahkan ke sinyal diterapkan pada head di semua recorder, termasuk duplicators. bias diperlukan untuk mendapatkan rekaman linier, tetapi tidak dapat didengar dalam rekaman selesai. Frekuensi bias harus pada frekuensi beberapa kali lebih tinggi daripada frekuensi sinyal tertinggi untuk direkam, dan ini menambah kesulitan merancang rangkaian rekaman yang sesuai. Selain itu, jumlah bias memiliki efek diucapkan pada rentang frekuensi, tingkat kebisingan dan jumlah distorsi dari sinyal yang direkam. Oleh karena itu harus akurat disesuaikan, tetapi ini biasanya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman ketika servis peralatan. Jumlah optimum bias tergantung pada jenis pita yang digunakan, sehingga sebaiknya harus disesuaikan untuk mendapatkan kinerja yang terbaik dengan satu jenis / merek tape, dan kemudian hanya jenis / merek tape digunakan untuk membuat salinan.

Prinsip mekanis

Semua tape recorder dan pemain membutuhkan kaset untuk bergerak melewati kepala pada kecepatan konstan, tepat dan duplicators tidak terkecuali. Awalnya, ini dicapai dengan mengemudi kapstan menggunakan "sinkron" motor yang dengan desain mereka berputar pada kecepatan terkunci dengan frekuensi listrik. Ini adalah sistem yang sederhana, namun memiliki kelemahan bahwa frekuensi listrik yang berbeda di berbagai belahan dunia. Baru-baru ini, duplicators telah menggunakan motor yang berjalan pada kecepatan elektronik stabil. Ini dapat beroperasi dari induk frekuensi apapun.

Demagnetisers (juga disebut "Degaussers")

[Catatan : Degauss adalah istilah yang lebih tua dan berasal dari "Gauss", yang merupakan unit lama bernama magnetisme setelah fisikawan awal nama itu.]
Dua jenis demagnetiser umumnya digunakan dalam menggandakan kaset. Yang pertama adalah satuan umumnya lebih besar digunakan untuk demagnetise kaset salinan sebelum digunakan. Kadang-kadang disebut "Bulk Demagnetiser" atau "penghapus massal". Tidak semua duplicators disediakan dengan menghapus kepala, dan dalam kasus duplikator tanpa menghapus kepala, perlu untuk memiliki beberapa cara untuk memastikan semua kaset telah terhapus sebelum mereka digunakan untuk membuat salinan - bahkan nominal "kosong" mungkin kaset sesuatu yang sengaja direkam pada mereka, dan sering ada kaset yang telah direkam seluruhnya atau sebagian, yang dapat digunakan kembali setelah demagnetising. Bahkan dimana duplikator ini dibekali dengan menghapus kepala itu adalah praktik yang baik untuk curah menghapus kaset sebelum mengcopy ke mereka.
[Catatan : Kepala Erase hanya dapat menghapus "track" dengan lebar kira-kira sama dengan "trek" yang kepala akan mencatat rekor. Hal ini mungkin ini akan meninggalkan beberapa sinyal sebelumnya masih di rekaman itu, dan jika kaset dimainkan pada mesin, yang memiliki kepala lebar yang berbeda sedikit, atau lokasi dengan yang digunakan oleh duplikator, beberapa dari sinyal yang tidak diinginkan dapat direproduksi serta sinyal yang diinginkan.]
Jenis kedua demagnetiser adalah "Kepala Demagnetiser". Ini adalah unit genggam yang lebih kecil, yang memiliki bagian tiang cukup lama untuk mencapai wajah kepala. Akhir dari potongan tiang harus memiliki plastik yang menutupi sehingga dapat menyentuh wajah tanpa menggaruk kepala itu. Digunakan, fitur ini diaktifkan, akhir ekstensi digosok ke wajah kepala, dan kemudian, sementara masih diaktifkan, perlahan-lahan ditarik jauh dari kepala. Tidak harus dimatikan sampai jauh dari kepala. (Lihat paragraf pertama dari "Prinsip Magnetik" di atas.) Ini juga harus digunakan dalam cara yang mirip dengan demagnetise benda logam lainnya dekat ke jalan tape.
Seharusnya tidak perlu menghapus demagnetise kepala, seperti biasanya menghapus sinyal melakukan hal ini, tetapi merupakan praktek yang baik untuk melakukannya dan memberikan keyakinan bahwa kepala demagnetised. 
Gambar kerja:


PENTING: Bila demagnetising duplikator, mesin atau tape, daya listrik untuk mesin HARUS dimatikan dan jika mungkin dicabut.
[Catatan : medan magnet yang kuat dari penghapus membangkitkan tegangan tinggi di kepala, yang mungkin bisa merusak elektronik yang terhubung ke kepala. Juga, jika duplikator tetap tersambung ke listrik, jalan yang kebocoran bumi bisa ada yang dapat mengakibatkan kerusakan.]

B. PENYIMPAN DATA OPTICAL DISK
Pengertian Optical Disk - Optical Disk adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah. Optical disk pertama kali ditemukan pada tahun 1958. Kemudian teknologi ini dipatenkan beberapa tahun kemudian. Perkembangan berikutnya, ditemukan teknologi optical media untuk data video dalm laser disc yang dikeluarkan oleh philips, pada tahun 1978.Berlanjut setelah itu, audio compact disc (CD) dikeluarkan sony pada tahun 1983.

Ø  SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA        
    Sebuah disc optik adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan membaca menggunakan bertenaga rendah laser beam. Awalnya dikembangkan pada akhir 1960-an, cakram optik pertama, dibuat oleh James T. Russell, data yang disimpan sebagai mikron seluruh titik-titik terang dan gelap. . Laser membaca titik, dan data diubah menjadi sinyal listrik, dan akhirnya ke output audio atau visual. Namun, teknologi tidak muncul di pasar sampai Philips dan Sony keluar dengan compact disc (CD) pada tahun 1982. Sejak itu, telah terjadi suksesi konstan format cakram optik, pertama dalam format CD, diikuti oleh sejumlah DVD format.
Optical disk tidak menggunakan bahan yang bersifat magnetis sama sekali. Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang. contohnya dari optical disk ini adalah CD-RW dan DVD-RW.
Teknologi optical disk ini dibagi menjadi dua yaitu:
1. Phase-change disk dimana, disk ini dilapisi oleh bahan yang dapat mengkristal(beku) menjadi crystalline(serpihan-serpihan kristal) atau menjadi amorphous state(bagian yang tak berbentuk). Bagian crytalline ini lebih transparan, karenanya tembakan laser yang mengenainya akan lebih terang melintasi bahan dan memantul dari lapisan pemantul. Drive Phase-change disk ini menggunakan sinar laser dengan kekuatan yang berbeda.
Sinar laser dengan kekuatan tinggi digunakan melelehkan disknya kedalam amorphous state, sehingga dapat digunakan untuk menulis data lagi. sinar laser dengan kekuatan sedang dipakai untuk menghapus data denga cara melelehkan permukaan disknya dan membekukannya kembali ke dalam keadaan crytalline, sedangakan sinar laser dengan kekuatan lemah digunakan untuk membaca data yang telah disimpan.
2. Dye-Polimer disk yaitu , Dye-polimer merekam data dengan membuat bump(gelombang) disk dilapisi dengan bahan yang dapat enyerap sinar laser. sinar laser ini membakar spot hingga spot ini memuai dan membentuk bump(gelombang). bump ini dapat dihilangakan atau didatarkan kembali dengan cara dipanasi lagi dengan sinar laser.
Produk / Merk             : Contoh dari Produk  dan Merknya adalah sebagai berikut
                         
    
Ø  KEKURANGAN DAN KELEBIHAN-NYA         
 Cakram optik menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan media penyimpan yang bersifat magnetis. Cakram optik memegang jauh lebih banyak data. Kontrol yang lebih besar dan fokus dapat dilakukan dengan sinar laser (dibandingkan dengan kepala magnetik kecil) berarti bahwa lebih banyak data dapat ditulis ke dalam ruang yang lebih kecil.Kapasitas penyimpanan meningkat dengan setiap generasi baru media optik. Muncul standar, seperti Blu-ray, menawarkan sampai 27 gigabyte (GB) di satu sisi disc 12-sentimeter. Sebagai perbandingan, sebuah disket, misalnya, dapat menahan 1,44 megabyte (MB).
 Cakram optik murah untuk memproduksi dan data yang tersimpan pada mereka relatif tahan terhadap ancaman paling lingkungan, seperti lonjakan daya, atau gangguan magnetik.
Optic Disk memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a.  Menggunakan laser untuk menulis dan membaca data.
b. Dapat digunakan untuk menyimpan data yang volumenya sangat besar.
c.  Dapat membaca lebih cepat

Jenis-jenis Optical Disk

Jenis-jenis Optical Disk - Ada beberapa Jenis Optical disk saat ini, dimulai dari CD, DVD, Blu Ray, hingga saat ini ada yang terbaru dari optical disk yaitu FM DISK. Berikut penjelasan jenis-jenis Optical Disk.

1.         CD (Compact Disc atau Laser Optic Disc)

CD merupakan jenis piringan optic yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui laser. CD berbentuk lingkaran dengan diameter 120 mm serta memiliki libang ditengahnya yang berdiameter 15 mm. kapasitas penyimpanan CD dapat mencapai 870 Mb yang dapat menyimpan data hingga 99 menit.


Sejarah Adanya CD (Compact Disc)


Sejarah Adanya CD (Compact Disc)
CD atau compact disc adalah sebuah piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik berlapis bahan yang dapat dialiri listrik, sehingga bersifat magnet. CD juga menyimpan data. Data direkam di atasnya, kemudian dibaca dari disk dengan menggunakan kumparan pengonduksi yang dinamakan head. Selama proses pembacaan, head tidak bergerak sama sekali. Sedangkan piringan disk bergerak di bawahnya. CD ini bisa menyimpan 783 MB informasi audio pada salah satu sisinya

Bahan Pembuat
Disc terbuat dari bahan polycarbonate yang dilapisi dengan alumunium karena permukaannya yang reflektif. Informasi dilacak dari CD dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang ditempatkan di dalam optical disc player atau drive unit.

Cara Kerja CD
Sobat-sobat mau tahu enggak, bagaimana cara kerja sebuah CD? Laser akan menyinari lapisan pelindung yang bening, ketika motor drive di CD player bekerja memutar disc. Laser itulah yang berfungsi melacak dan menampilkan data, baik dalam bentuk suara, gambar, ataupun data yang direkam di salah satu sisi CD.

Nah sejak itulah, kita mulai akrab dengan CD, baik ketika sedang mendengarkan musik, menonton film, ataupun membuka data lain termasuk aplikasi data komputer. Makanya enggak heran, kalau CD dikenal sebagai produk teknologi yang paling berhasil sepanjang sejarah kehidupan manusia.
Pada tahun 60-an, Stanford Ovshinsky telah menemukan optical disk. penemuan ini telah mengganti tekhnologi pita casette sebagai storage device.Proses pembuatan CD dengan cara menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari laser.
sinar laser tersebut membentuk lubang berukuran mikro. lubang tersebut membentuk kode yang isinya berupa data. lalu lapisan platik tersebut dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul.data direkam di optical disk dengan cara membakar lubang kecil. oleh karenanya optical disk tidak dapat dihapus.
tapi saat ini sudah diciptakan optical disk yang dapat menulis ulang yang sering kita sebut sebagai CD rewriter. CD-RW tersebut dipelopori oleh perusahaan matsushita di Jepang.
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, maka saat ini juga telah tercipta DVD. proses pembuatannya pun sama.
hanya saja DVD dapat menampung data hingga puluhan GB.
tapi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan pula, ini menyebabkan suatu produk dapat dicopy kan ke Cd lain atau dengan kata lain di Bajak. maka perusahaan Sony telah menciptakan optical disk baru bernama Blue Ray.

Sejarah CD
James T. Russell adalah orang yang pertama kali menemukan CD. Sejak kecil, James dikenal dengan jiwa penemunya. Pada tahun 1937, saat berusia 6 tahun, James membuat remote control untuk kapal perangnya dengan menggunakan kotak makan siangnya. James juga termasuk orang pertama yang menikmati televisi dan keyboard sebagai media masukan data ke komputer.

James T. Russell
James seorang penggila musik di masa itu. Dia sangat tidak puas dengan kualitas musik yang dihasilkan keping piringan hitam gramafon (phonograph). Karena penasaran, sampai-sampai James bereksperimen menggunakan duri kaktus sebagai jarum pembaca piringan hitam. James sudah menduga kalau hasil eksperimennya sia-sia. James menginginkan sistem yang akan merekam dan memutar kembali lagi sebuah lagu tanpa harus kontak langsung antarbagiannya. James melihat bahwa cara terbaik untuk itu adalah dengan menggunakan cahaya.
Setelah jungkir balik memeras otak selama beberapa tahun, akhirnya dia menemukan cara menyimpan data dalam piringan sensitif cahaya. Data ini dimodelkan dalam `bit` cahaya yang sangat kecil. Sebuah sinar laser akan membaca struktur bit cahaya ini, kemudian komputer akan mengubah data ini ke dalam sinyal elektronik. Dan untuk pertama kalinya lahirlah compact disc. Kemudian pada tahun 1970, James menerima hak paten.

Pada tahun 1972, Klass Compaan, seorang ahli fisika di Phillips Research bersama temannya, Piet Kramer, berhasil menampilkan model video disc berwarna pertama. Pada waktu itu belum dipublikasikan secara luas karena masih banyak kelemahannya.

Piet Kramer
Pada waktu yang hampir bersamaan, Phillips meluncurkan audio CD pertama ke pasaran, namun mengalami masalah pada saat proses menerjemahkan data, sehingga gagal putar. Kemudian pada tahun 1978, Phillips bekerja sama dengan Sony, dan mengembangkan standar baku untuk memproduksi CD. Dua tahun kemudian, Phillips dan Sony berhasil meluncurkan audio digital compact disc dengan standar baku, dan mulai dipasarkan secara resmi di Eropa dan Jepang pada tahun 1982. Baru pada tahun 1983, CD mulai dipasarkan di Amerika Serikat.
Jadi siapa sangka kalau CD diciptakan dari sebuah kegagalan. Ditemukan oleh James T. Russell, seorang ilmuwan bermodal nekat. Lalu disempurnakan oleh dua raksasa perusahaan elektronik dunia, Phillips dan Sony. Dan kini, CD menjadi salah satu produk teknologi yang paling berhasil di dunia.
Contohnya :
       CD-Rom (Compact Disk read only memory) adalah jenis piringan optic yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Kapasitas sebuah CD Rom yang berukuran 4,72 inch dapat menampung hingga 640 Mb atau kira-kira 300.000 halamat text.
        CD-R (CD Recordable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data seperti halnya disket, namun isinya tidak dapat diubah lagi.
       CD-RW (CD Writetable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data namun isinya dapat dihapus dan dapat diganti dengan data yang baru.

2. DVD (Digital Video Disc / Digital Versatile Disc)
DVD adalah singkatan Digital Versatile Disk. Sebagai informasi, DVD sempat diberi julukan “Delayed, Very Delayed”. Hal ini disebabkan lamanya format ini diluncurkan di pasaran. Bahkan berbagai studio film memberi julukan “Digital Video Disc”. Singkatan ini diubah menjadi Versatile Disk oleh beberapa aplikasi. Oleh sebab itu untuk menghilangkan ambigu terhadap singkatan DVD yang ada, forum DVD yang menaungi perkembangan DVD memutuskan untuk mengunakan nama DVD saja.





DVD adalah merupakan pengembangan dari CD. DVD memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari pada CD biasa, yaitu sekitar 4,7 – 17 GB. Kemampuan DVD dapat dilihat dari jenisnya, yaitu :
       Single-side, single layer kapasitas 4,7 GB
       Double-side, single layer kapasitas 8,5 GB
       Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB
       Double-sided, double layer kapasitas 17 GB
Sejarah Singkat DVD
Pada awal tahun 1990-an, perusahaan-perusahaan maju yang ikut serta dalam pengembangan tekologi optik (CD) mengusulkan pengunaan media baru yang memberikan jaminan akan daya tampung yang lebih besar. Usulan dari perusahaan-perusahaan akan media baru inilah yang kita kenal dengan nama DVD sekarang ini. Perusahaan-perusahaan yang peduli akan perkembangan teknologi optik ini kemudian membentuk suatu konsorsium yang terdiri atas: JVC, Hitachi, Matsushita, Mitsubishi, Philips, Pioneer, Sony, Thompson, Time-Warner, dan Toshiba. Tapi, tidak lama kemudian akan aktif lagi dan digantikan dengan kehadiran forum DVD. Teknologi DVD pertama kali diperkenalkan oleh negara Jepang pada tahun 1996. Tidak lama kemudian, format ini mulai masuk ke pasar Amerika dan sekarang telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Jika anda cermati, berbagai jenis PC bermerek yang ada di pasaran juga mulai mengunakan drive DVD bahkan ada juga yang menyertakan DVD writer dibandingkan mengunakan CD-ROM aau CD Writer.

Format DVD memiliki sejarah yang penuh dengan ketidakpastian serta mendapat berbagai proses dari berbagai pihak. Format DVD yang menjadi kontroversial ini diawali oleh berbagai protes yang datang dari studio film pada tahun 1996. Di mana pada saat itu banyak studio film yang mengkwatirkan akan kedatangan format ini malah akan menambah jumlah pembajakan akan teknologi optik seperti halnya CD musik atau film yang dapat dengan mudah didapatkan dengan harga murah bahkan gratis. Perdebatan antara studio film dengan format DVD mengakibatkan format ini agak tertunda selama hampir 1 tahun. Setelah itu, format ini juga mengalami masalah dalam hal format DVD yang berbagai jenis di pasaran.

3.         Blu Ray

Teknologi Blu-ray adalah merupakan format disc optic, yang merupakan perkembangan dari CD dan DVD. Keunggulan dari blu-ray yaitu pada kapasitas lapisan-sided Blu-ray disc, dimana lebih besar 35 kali dari CD dan lebih besar lima kali dari DVD. Kapasitas Blu-Ray disc dual layer memiliki kemampuan menyimpan data sampai dengan 50 Gb per keping.


SEJARAH BLUE-RAY

Pembentukan dioda laser biru yang diperlukan untuk teknologi ini dikaitkan dengan Shuji Nakamura, seorang profesor di College of Engineering di
UCSB . Sony (bersama dengan Pioneer) mengambil pekerjaan ini dan datang dengan prototipe yang diresmikan di pameran CEATEC pada tahun 2000. Pada tahun 2002, Blu-ray Disc Pendiri didirikan, dan mereka mengumumkan proyek "~ Blu-ray '.

Pada tahun 2004, Blu-ray Disc Pendiri berubah nama mereka ke Blu-ray Disc Association (BDA), dan spesifikasi fisik untuk cakram yang lengkap. Forwarding Cepat 2006, BD-ROM spesifikasi diselesaikan dan Blu-ray pertama pemain memukul pasar. Karena banyak penundaan dan kemunduran selama umur proyek, bagaimanapun, HD DVD player sudah berada di pasar selama beberapa bulan saat itu.
Perang Format "" Blu-ray HD DVD vs
Toshiba keluar dengan format HD DVD, langsung menjadi kompetisi utama Blu-ray dan memulai "perang format" dalam proses. Ini mirip dengan perang format kaset video VHS dan Betamax antara. Pernah mendengar Betamax? Ya, aku tidak.
Awalnya, DVD HD adalah upaya untuk menghindari perubahan lebih dari DVD ke format yang berbeda dan secara fisik lebih mahal. Apa yang mereka berakhir dengan, bagaimanapun, adalah disc high-density optik yang bekerja pada dasarnya dengan cara yang sama sebagai Disc Blu-ray, laser biru dan semua.
Apa yang menyebabkan hal ini "perang" adalah fakta bahwa ada perusahaan besar ingin berkomitmen untuk satu standar di atas yang lain, takut mereka mungkin memilih salah satu. Setelah perusahaan / industri mulai mengambil sisi dan pertempuran yang menang dan kalah, itu adalah beberapa faktor kunci yang pada akhirnya mengayunkan perang ini mendukung Blu-ray: industri film dan PS3.

Film distributor (terutama Best Buy & Netflix) memihak Blu-ray. Hal ini, ditambah dengan pengumuman Sony untuk mencakup pemutar Blu-ray mereka mendatang di PS3 konsol game, merupakan pukulan telak bagi kampanye HD DVD.
Pada tahun 2008, Toshiba resmi melemparkan di handuk, berhenti pengembangan pemutar HD DVD. Perang sudah berakhir.
Selain itu, spesifikasi Blu-ray dalam kecepatan membaca tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan DVD. Ini mengarah ke video kualitas tinggi dan audio jernih, Khusus yang penting dalam applikasi HDTV.

Teknologi Multi-layering telah disesuaikan dengan kemampuan double Blu-ray disc dalam aplikasi standar, dan ada versi eksperimental ditampilkan sampai dengan sepuluh kali lipat peningkatan dalam ruang penyimpanan. Manfaat tambahan Blu-ray player melalui pemutar DVD termasuk Internet konektivitas untuk men-download subtitles dan update fitur built-in Java virtual machine.
Blu-ray disc menggunakan ultra-short dengan panjang gelombang laser 405 nanometer, dimana lebih kecil dari pada DVD yang mencapai 650 nanometer. Dengan begitu, maka bisa menyorot objek dengan presisi lebih tinggi. Hasilnya, data bisa diikat dengan lebih ketat dan disimpan di ruang yang lebih kecil. Inilah yang membuat BD mampu menyimpan lebih banyak data meskipun ukuran disknya sama dengan CD atau DVD. Blu-ray disc juga memiliki lapisan permukaan yang lebih tipis hanya 0,1mm dibandingkan HD-DVD yang tebalnya 0,6mm. Dengan begitu, laser bisa menembakkan data dengan lebih fokus. Untuk read atau write, kecepatan minimal Blu-ray adalah 1x atau sekitar 36Mbps, jauh dari DVD yang kecepatannya hanya 10Mbps. Dan kabarnya, kecepatan tersebut masih akan digeber hingga 8x atau 288Mbps.

4.         Fluorescent Multilayer DISK(FM DISK)
Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc) adalah jenis optical disk yang mampu menampung sampai 140 GB data sekaligus, dengan kecepatan baca data sampai 1 GB per detik.
FM Disc berbeda dengan kepingan yang beredar saat ini. Warnanya tidak keperakan atau keemasan, melainkan bening seperti sebuah plastik transparan biasa.


Multilayer

Salah satu keistimewaan adalah banyaknya layer yang ada dalam setiap kepingan. Masing-masing kepingan memang memiliki lebih dari satu layer atau lapisan. Bahkan lebih dari 10 lapisan sekaligus. Tepatnya adalah 12 lapisan pada FM Disc yang dikembangkan pada tahap awal.

Aplikasi

Banyak sekali aplikasi yang spat menggunakan teknologi ini. Pertama untuk menyimpan data hiburan seperti Game, Musik, Film dan tentunya untuk menyimpan data keperjaan. 1 keping FM Disc bisa menmapung lebih dari 10 film DVD.
Sebagai ruang Back-up, sangat cocok karena kapasitasnya yang sangat besar. Dengan FM Disc kekhawatiran rusak-nya media back-up dapat diminalisasi walaupun tergores lapisan luarnya.
         
Jenis FMD

Ada tiga jenis FM teknologi yang telah selesai dikembangkan:

1. FM Disc ROM
Ini adalah jenis pertama yang akan = diperkenalkan. FM Disc ROM nantinya akan banyak digunakan untuk kepentingan produksi, baik film maupun pernati lunak. Dengan kapasitas yang besar kualitas film dapat lebih baik. Karena ini berarti film akan mengalami lebih sedikit proses kompesi. Sama halnya dengan audio.
Sedangkan untuk peranti lunak, kehadirannya akan sangat berpengaruh khussnya untuk peranti lunak seperti game dan peranti lunak pendidikan yang umumnya membuat banyak informasi.

2. FM Disc WORM (Write Once Read Many)
FM Disc WORM disebut juga Rewritable FM Disc adalah kepingan yang dapat diisi sendiri. Kepingan inilah yang nantinya dipergunakan sebagai media back-up.
Cara penulisannya hampir sama dengan menulis pada rewritable CD, hanya saja ada sedikit perbedaan pada penambahan material fluorescent. Ada dua metode penulisan yang digunakan masing-masing terletak pada perbedaan penambahan element fluorescent-nya.
Denga metode pertama atau yang dikenal dengan metode thermal, material fluorescent diaplikasikan dari awal. Sedangkan pada metode kedua yang chemical, material fluorescent diaplikasin pada tahap lanjut.

3. FM Card atau Clear Card
FM Card sebenarnya adalah sebuah FM Disc yang dilapisi bagian luar berbentuk kartu kecil. Kepingan yang ada didalam Clear Card adalah kepingan dengan diameter 50 mm, atau 5 cm. Model pertama yang dikembangkan adalah dengan 20 lapisan data – 10 GB data serta memiliki densitas recording sebesar 400 Mbytes/cm2.



1 komentar:

Charis mengatakan...

Makasih macam penyimpanan data komputer

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Ads 468x60px

Followers

Featured Posts Coolbthemes

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger